BALON ANGKA

Salam Kreatif!!
Balon Angka
Media pembelajaran yang menarik tentu akan mempermudah guru dalam memperkenalkan angka pada anak. Kata “Media” berasal dari bahasa latin “medius” yang secara harfiah berarti “tengah”,” perantara” atau “pengantar”. Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan. Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran.

Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat, antara lain adalah harus meningkatkan motivasi pembelajaran, memberikan motivasi kepada pembelajar. Selain itu media juga harus merangsang pembelajar mengingat apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Media yang baik juga akan mengaktifkan pembelajar dalam memberikan tanggapan, umpan balik dan juga mendorong siswa untuk melakukan praktek-praktek dengan benar.

Beberapa kriteria untuk menilai keefektifan sebuah media. Mulyanto dan Leong (2009:3) menjelaskan kriteria media pembelajaran yang baik idealnya meliputi 4 hal utama, yaitu :
1. Kesesuaian atau relevansi, artinya media pembelajaran harus sesuai dengan kebutuhan belajar, rencana kegiatan belajar, program kegiatan belajar, dan karakteristik peserta didik.
2. Kemudahan, artinya semua isi pembelajaran melalui media harus mudah dimengerti, dipelajari atau dipahami oleh peserta didik dan sangat operasional dalam penggunaannya.
3. Kemenarikan, artinya media pembelajaran harus mampu menarik maupun merangsang perhatian peserta didik, baik tampilan, pilihan warna, maupun isinya.
4. Kemanfaatan, artinya isi media pembelajaran harus bernilai atau berguna, mengandung manfaat bagi pemahaman materi pembelajaran serta ketidakmubaziran atau sia-sia apalagi merusak peserta didik.

Manfaat media pembelajaran dalam proses belajar mengajar adalah seperti yang dikemukakan oleh Sudjana & Rivai (Arsyad, 2007), yaitu :
a. Pembelajaran akan lebih menarik bagi siswa, sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
b. Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai serta tercapai tujuan pembelajaran.
c. Metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apalagi kalau guru mengajar pada setiap jam pelajaran.
d. Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar dikarenakan siswa tidak hanya mendengarkan uraian guru saja, tetapi juga melakukan aktivitas lainnya seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan dan lain-lain.

Merujuk pada latar belakang diatas, saya sebagai guru PAUD sangat ingin menemukan dan mencoba hal-hal yang baru yang bermanfaat untuk pembelajaran. Balon angka, inilah media pembelajaran angka yang  saya terapkan di sekolah untuk memperkenalkan angka pada anak. Dengan media ini anak akan merasa suka untuk belajar angka. Dan tentu saja guru kreatif akan memanfaatkan bahan-yang mudah di dapat, gak pake biaya yang mahiaall. So, disini saya share media pembelajaran yang disebut Balon Angka. Bahan yang diperlukan adalah kardus, gunting, Lem, spidol, kertas warna.



Comments

Popular posts from this blog

Pendidikan Sains untuk Anak Usia Dini