RESUM MODUL F GURU PEMBELAJAR KP 2 MEDIA PEMBELAJARAN DI TK 1 Konsep Media Pembelajaran Media tidak hanya dipahami sebagai alat peraga, tetapi media sebagai informasi atau pesan pembelajaran kepada peserta didik. Media merupakan salah satu bentuk alat untuk menyampaikan informasi kepada orang lain. Media adalah komponen komunikasi yang berfungsi sebagai perantara atau pembawa peasan dari pengirim ke penerima. Media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen system pembelajaran, tam pa media komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal, karena media pembelajaran adalah komponen tak terpisahkan (integral) dari system pembelajaran. Jadi pada prinsipnya penggunaan media sangat bermanfaat untuk menunjang proses belajar- mengajar anak. a. Pengertian Media Pembelajaran Media pembelajaran merupakan wadah dari pesan yang oleh sumber atau penyalurnya ingin diteruskan kepada sasaran yatu penerima pesan tersebut. Dua unsur penting dalam media pembelajaran adalah 1). unsur pesan (software) adalah informasi atau bahan ajar dalam tema/topic tertentu yang akan disampaikan atau dipelajari anak, 2). Unsur perangkat keras (hardware) adalah sarana atau peralatan yang digunakan untuk menyajikan pesan. Ditinjau dari proses pembelajaran sebagai proses komunikasi, maka fungsi media adalah sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) ke penerima (siswa). Media pembelajaran adalah merupakan benda-benda , baik alat maupun bahan yang berisi pesan yang digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran) sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. b. Tujuan dan Manfaat Media Pembelajaran Keberadaan media sebagai penunjang dalam proses pembelajaran diharapkan dapat menjadi stimulus yang dibutuhkan oleh anak Yang menjadi tujuan media pembelajaran adalah membantu anak didik dalam belajar agar lebih cepat mengetahui, memahami, dan upaya terampil dalam mempelajari sebuah materi yang dipelajarinya, sehingga terciptakan suasana pembelajaran ang menarik, efektif dan efisien. Tujuan yang ingin dicapai adalah terjadinya proses belajar pada diri anak. Secara umum media pembelajaran memiliki nilai-nilai manfaat adalah sebagai berikut : 1) Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh anak. 2) Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan ruang, indera, dan waktu Selain itu manfaat penggunaan media pembelajaran bagi anak adalah : - Menimbulkan gairah belajar, interaksi lebuh langsung antara siswa dengan sumber belajar. - Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis. Karena semakin banyaknya verbalisme maka semakin abstrak pemahaman yang diterima. - Mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama. -Sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru. 2 Jenis dan Karakteristik Media Pembelajaran di TK Ada beberapa jenis media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di TK . berikut ini adalah jenis dan karakteristik media pembelajaran : a. Media Visual Media visual adalah media yang hanya dapat dilihat. Media visual terdiri atas media yang dapat diproyeksikan ( projectedvisual) dan media yang tidak dapat dipryeksikan (non projectedvisual). Media yang dapat diproyeksikan pada dasarnya merupakan media yang menggunakan alat proyeksi (disebut proyektor) dimana gambar atau tulisan akan Nampak pada layar (screen). Media visual yang dapat diproyeksikan diantaranya film, baik ang diputar melalui VCD, DVD, LCD, maupun proyektor. Media visual tidak dapat diproyeksikan terdiri atas : 1) Media gambar diam/ gambar mati adalah gambar – gambar yang disajikan secara fotografik, misalnya gambar tentang manusia, binatang, tempat atau obyek lain yang ada kaitannya dengan bahan/ isi tema yang diajarkan. Ada beberapa keuntungan dari media gambar diam, antara lain : a) Dapat menterjemahkan ide/gagasan yang sifatnya abstrak menjadi lebih kongkret b) Banyak tersedia dalam buku-buku, majalah, surat kabar dan kalender c) Mudah menggunakannnya tidak memerlukan peralatan lain. d) Dapat digunakan pada setiap mata pembelajaran dan semua tema. 2) Media grafis adalah media pandang dua dimensiyang dirancang secara khusus untuk mengkomunikasikan pesan-pesan pembelajaran. Unsure yang terdapat dalam media grafis ini adalah gambar dan tulisan. Yang termasuk dalam jenis-jenis media grafis ini diantaranya adalah grafik, sketsa, bagan/chart, diagram/skema, peta/globe, papan flannel, papan bulletin, poster, kartun, dan komik. 3) Media model adalah media tiga dimensi yang sering digunakan dalam pembelajaran di TK. 4) Media realia merupakan alat bantu visual dalam pembelajaran yang berfungsi memberikan pengalaman langsung (direct experience) kepada anak b. Media Audio Media audio mengandung pesan dalam bentuk auditif (berkaitan dengan indra pendengaran) yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan untuk mempelajari isi tema. Penggunaan media audio dalam kegiatan pembelajaran di TK pada umum nya hanya untuk melatih ketrampilan yang berhubungan dengan aspek ketrampilan mendengarkan sehingga medi audio ini memiliki kelemahan yang harus diatasi dengan cara memanfaatkan media lain.. termasuk kedalam jenis media antara lain adalah radio, alat perekam pita magnetik, kaset audio, piringan hitam, CD audio dan laboratorium bahasa. c. Media Audio Visual Media audio visual adalah media yang mempunyai unsure suara dan unsure gambar, merupakan kombinasi dari media visual dan audio yang sering disebut media pandang dengar. Manfaat dari media audio visual adalah anak lebih mudah memahami materi pembelajaran yang diberikan karena media audio-visual dapat menyajikan pesan-pesan sesuai dengan isi tema kegiatan kepada anak semakin lengkap dan optimal dan peran guru bisa beralih menjadi fasilitator belajar saja. Selain jenis-jenis media diatas, masih banyak jenis media lain yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran diantaranya adalah papan tulis, papan bulletin, gambar dan ilustrasi fotografi, slide dan filmstrip, rekaman pendidikan, radio pendidikan, televise pendidikan, peta dan globe dan buku pelajaran. 3 Memilih dan Merencanakan Media Pembelajaran Kriteria yang perlu dipertimbangkan guru atau tenaga pendidik dalam memilih media pembelajaran, adalah : a. Ketepatan media dengan tujuan pembelajaran b. Dukungan terhadap isi bahan pelajaran c. Kemudahan memperoleh media d. Ketrampilan guru dalam menggunakannya e. Tersedia waktu untuk menggunakannya f. Memilih media pembelajaran harus sesuai dengan taraf berfikir anak Dalam merencanakan dan memilih media pembelajaran perlu mempertimbangkan tujuan atau kemampuan yang akan dicapai, sifat-sifat isi tema yang akan dipelajari anak, strategi pembelajaran yang akan digunakan dan system penilaian yang direncanakan. Media bagi anak TK harus memenuhi syarat-syarat tertentu, diantaranya adalah : a. Media harus menarik atau menyenangkan , baik warna ataupun bentuknya. b. Bentuknya harus tumpul( tidak tajam) c. Ukuran disesuaikan dengan usia anak TK d. Tidak membahayakan anak e. Dapat dimanipulasi (dikembangkan) Media pembelajaran pada perkembangan sekarang ini sangat beragam, seperti yang sudah dipaparkan di atas bahwa media pembelajaran itu banyak jenisnya, ada media penyaji, media obyek dan media interaktif. Langkah-langkah sistematik yang perlu dilakukan pada saat membuat rancangan media adalah sebagai berikut : a. Menganalisis kebutuhan dan karakteristik anak b. Merumuskan tujuan pembelajaran c. Merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan d. Mengembangkan alat pengukur keberhasilan e. Membuat desain media f. Melakukan revisi 4 Membuat dan Menggunakan Media Pembelajaran Agar penggunaan media dalam proses pembelajaran, mendapatkan hasil yang optimal guru harus mengetahui mengenai beberapa hal yang merupakan prinsip-prinsip dari media tersebut dan langkah-lanhkah penting dalam menggunakan media pembelajaran adalah: a. Mengetahui criteria serta prinsip media yang digunakan b. Melakukan persiapan dalam menggunakan media, c. Memilih media yang sesuai, d. Tingkat kesesuaian anak membaca dan menggunakan media, e. Persiapan rencana pembelajaran untuk menuntun penggunaan media, f. Cara menggunakan media sehingga menarik minat anak. Sangat dianjurkan seorang guru untuk secara kreatif membuat media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan lingkungan sekitarnya , mampu memilih media pembelajaran secara tepat dan mampu mengembangkan.. Selanjutnya dalam pembuatan media pembelajaran ini ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan : a. Bahan mudah didapat dilingkungan sekitar sekolah dan murah atau bisa dibuat dari bahan bekas/sisa b. Tidak menggunakan bahan yang berbahaya bagi anak c. Dapat menimbulkan kreatifitas, daya khayal dan daya imajinasi serta dapat digunakan untuk bereksperimen dan bereksplorasi d. Sesuai dengan tujuan dan fungsi sarana e. Media pembelajaranyang dirancang harus memungkinkan anak untuk klasikal. f. Dibuat sesuai dengan tingkat perkembangan anak.

Comments

Popular posts from this blog

Pendidikan Sains untuk Anak Usia Dini